T erdapat empat keahlian yang harus dimiliki oleh seorang manajer yang baik, yaitu :
1. Keahlian Perancangan strategi.
Perancangan strategi adalah kemampuan melihat “gambar besar” artinya mampu memusatkan perhatian pada tujuan kunci dan tidak terperangkap dengan hal detail, kemampuan untuk merasakan apa yang terjadi di dalam dan di luar perusahaan, serta kemampuan untuk merespon secara tepat sasaran dan tepat waktu.
2. Keahlian penyelesaian tugas.
Keahlian penyelesaian tugas adalah kemampuan menentukan pendekatan terbaik dalam mencapai tujuan organisasi dan tujuan personal. Kemampuan mempertimbangkan semua sumber daya, kemampuan membuat skala prioritas, kemampuan untuk tetap fleksibel dalam melakukan perubahan, dan memastikan terciptanya nilai bagi organisasi
3. Keahlian menjalin hubungan
Kemampuan menjalin hubungan dengan manusia adalah menyelesaikan tugas melalui dan bersama-sama dengan orang lain. Meliputi kemampuan mendelegasikan pekerjaan, mempertukarkan informasi, melerai konflik, bekerja dalam kelompok, dan bekerja dengan orang-orang dengan latar belakang yang sangat berbeda dengan dirinya.
4. Keahlian mawas diri.
Semua manusia memiliki bakat, kelemahan, bias dalam berpikir dan bertindak, serta memiliki kebutuhan. Mawas diri terhadap karakteristik diri membantu dalam beradaptasi dengan orang lain. Karena itu manajer dapat lebih menghargai nuansa dan situasi yang dihadapinya, menghindari pembuatan pertimbangan yang tergesa-gesa, memanfaatkan peluang secara penuh, dan mampu mempengaruhi orang lain.
1. Keahlian Perancangan strategi.
Perancangan strategi adalah kemampuan melihat “gambar besar” artinya mampu memusatkan perhatian pada tujuan kunci dan tidak terperangkap dengan hal detail, kemampuan untuk merasakan apa yang terjadi di dalam dan di luar perusahaan, serta kemampuan untuk merespon secara tepat sasaran dan tepat waktu.
2. Keahlian penyelesaian tugas.
Keahlian penyelesaian tugas adalah kemampuan menentukan pendekatan terbaik dalam mencapai tujuan organisasi dan tujuan personal. Kemampuan mempertimbangkan semua sumber daya, kemampuan membuat skala prioritas, kemampuan untuk tetap fleksibel dalam melakukan perubahan, dan memastikan terciptanya nilai bagi organisasi
3. Keahlian menjalin hubungan
Kemampuan menjalin hubungan dengan manusia adalah menyelesaikan tugas melalui dan bersama-sama dengan orang lain. Meliputi kemampuan mendelegasikan pekerjaan, mempertukarkan informasi, melerai konflik, bekerja dalam kelompok, dan bekerja dengan orang-orang dengan latar belakang yang sangat berbeda dengan dirinya.
4. Keahlian mawas diri.
Semua manusia memiliki bakat, kelemahan, bias dalam berpikir dan bertindak, serta memiliki kebutuhan. Mawas diri terhadap karakteristik diri membantu dalam beradaptasi dengan orang lain. Karena itu manajer dapat lebih menghargai nuansa dan situasi yang dihadapinya, menghindari pembuatan pertimbangan yang tergesa-gesa, memanfaatkan peluang secara penuh, dan mampu mempengaruhi orang lain.
Be the first to reply! Read Comment Policy ▼PLEASE NOTE:
We have Zero Tolerance to Spam. Chessy Comments and Comments with Links will be deleted immediately upon our review.