Proses Pemecahan Masalah

vinspirationsBy : Alvin S. Ritongavinspirations

Widgets

PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork
Dalam mengambil keputusan untuk menghadapi masalah-masalah yang dihadapi organisasi, adakalanya manajer bergantung kepada metode pemecahan masalah informal. misalnya bergantung pada tradisi, dan mengambil keputusan yang sama seperti yang diambil pada saat masalah serupa muncul di masa lampau. atau mungkin meminta bantuan kepada pihak yang berwenang, bertanya kepada pakar atau ahli, atau manajer yang lebih tinggi. atau menggunakan filosofi penalaran apriori, yaitu menganggap bahwa pemecahan yang paling logis adalah pemecahan yang benar.

Ketiga metode tersebut akhirnya dapat membawa manajer pada pengambilan keputusan yang salah. pada dasarnya tidak ada satu pendekatan pun dalam pengambilan keputusan yang menjamin bahwa seorang manajer akan mengambil keputusan yang benar. Tetapi seorang manajer yang menggunakan suatu pendekatan yang rasional, cakap dan sistematis akan lebih memungkinkan untuk memperoleh keputusan yang berkualitas tinggi.

Menurut James A. Stoner, proses pemecahan masalah rasional adalah :

1. Selidiki situasi.
Tugas pertama manajer dalam pengambilan keputusan adalah mencari semua faktor yang mungkin telah menimbulkan masalah, dan mungkin termasuk dalam pemecahan akhir. penyelidikan situasi mempunyai tiga aspek, yaitu :
- Rumuskan masalah
- Identifikasi sasaran keputusan
- Diagnosis penyebab

2. Kembangkan alternatif
Mencari sebanyak mungkin alternatif pemecahan masalah atau pencapaian tujuan. Alternatif yang dibentuk harus memiliki nilai peluang yang lebih besar untuk dapat menyelesaikan masalah. dalam proses ini, bentuk alternatif coba-coba yang tidak muncul dari sistematika pemikiran dan pengumpulan data empiris kurang tepat untuk dipilih

3, Evaluasi alternatif dan memilih yang terbaik
Setelah mengembangkan sejumlah alternatif, manajer harus mengevaluasinya untuk melihat efektivitas dari alternatif tersebut. Efektivitas dapat diukur dengan dua kriteria, yaitu seberapa realistis alternatif tersebut dipandang dari sudut tujuan dan sumber daya organisasi, serta seberapa baik alternatif tersebut dalam membantu memecahkan masalah

4. Laksanakan keputusan dan adakan tindak lanjut.
Bila alternatif terbaik yang tersedia telah dipilih, manajer harus membuat rencana untuk memenuhi persyaratan alternatif tersebut. Pelaksanaan suatu keputusan bukanlah sekedar memberi perintah yang tepat. Sumber dayanya harus diperoleh dan dialokasikan sesuai dengan keperluan. Risiko potensial dan ketidakpastian yang telah diidentifikasikan selama tahap evaluasi alternatif harus selalu diingat. Tindakan yang diambil untuk melaksanakan suatu keputusan harus dipantau.


lazadda

Be the first to reply! Read Comment Policy ▼
PLEASE NOTE:
We have Zero Tolerance to Spam. Chessy Comments and Comments with Links will be deleted immediately upon our review.

Tukeran link


Vinspirations



DMCA.com
 

Info Blog

Recent Comments

Label

Copyright 2009  ©  Vinspirations | powered by Blogger

Template by vinspirations | Best View on Firefox