A. Manfaat Iklan
Periklanan dewasa ini merupakan usaha bisnis yang besar. Iklan melibatkan pembelanjaan dana dalam jumlah besar sehingga perlu ditangani dengan hati-hati dan efisien. Periklanan adalah sebuah metode yang dipergunakan di tengah-tengah masyarakat dengan tujuan seperti :
- Bagi bisnis komersial, untuk menjual barang dan jasa
- Bagi rekrutmen untuk mendapatkan karyawan
- Bagi pemerintah untuk memberikan informasi kepada masyarakat
- Iklan juga bermanfaat dalam jasa keuangan, industri hiburan, informasi perjalanan wisata/ibadah, informasi pendidikan, informasi produk kesehatan atau untuk pembelian dan penjualan barang pribadi
Sedangkan bagi konsumen, iklan bermanfaat untuk :
- Menumbuhkan kesadaran, iklan membantu agar sesuatu dikenal
- Menumbuhkan atau membangun sikap-sikap yang diinginkan
- Membangun identitas merek, iklan membantu menanamkan citra dan ciri-ciri tertentu terhadap produk
- Menumbuhkan permintaan akan produk
B. Strategi Iklan
Strategi dalam iklan adalah meletakkan dasar kebijakan secara keseluruhan (yang dinyatakan secara ringkas) untuk mencapai sasaran. strategi menyatakan seperti apa seharusnya pokok-pokok kunci iklan yaitu pedoman-pedoman kunci untuk bertindak. Strategi menjabarkan kebijakan dalam hal :
Strategi berusaha mewujudkan sasaran yang ditetapkan dengan membuat produk maupun jasa menjadi semenarik mungkin di mata khalayaknya. Strategi yang mendasar maupun menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti :
- Memposisikan produk barang dan jasa
- Apa keunggulan dan atribut apa yang ingin ditonjolkan
- Siapa khalayak sasarannya
- Bagaimana cara terbaik menyampaikan pesannya
Strategi berusaha mewujudkan sasaran yang ditetapkan dengan membuat produk maupun jasa menjadi semenarik mungkin di mata khalayaknya. Strategi yang mendasar maupun menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti :
- Siapa khalayak sasaran, siapa yang menggunakan, siapa yang membeli, siapa yang memutuskan, dimana khalayaknya?
- Apa sesungguhnya permasalahan yang dihadapi, kelemahan mana yang perlu diperbaiki?
- Apa yang diinginkan pelanggan? apa yang dicari pelanggan baik kualitas dan nilai serta apa yang paling membuat khalayak termotivasi?
- Apa manfaat produk atau jasa yang ditawarkan? Apa kelebihannya? Apa keuntungan yang ditawarkan?
- Bagaimana produk jika dibandingkan dengan produk pesaing?
- Apa keuntungan dan kerugiannya, kekuatan dan kelemahannya dibandingkan produk pesaing?
- Apa sifat dan keunggulan utamanya? seberapa jauh keunggulan tersebut mampu memenuhi tuntutan pelanggan.
Be the first to reply! Read Comment Policy ▼PLEASE NOTE:
We have Zero Tolerance to Spam. Chessy Comments and Comments with Links will be deleted immediately upon our review.