Tips Mencari Data di Mesin Pencari

Widgets

PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork
Mencari data di search engine pada umumnya mudah bagi yang sering menggunakannya. Tapi bagi yang masih newbie, mungkin akan mengalami kesulita terutama bila kita tidak membatasi pencarian data yang diinginkan, atau kurang tepat memasukkan kata kunci/keywords-nya. Alhasil, mesin pencarinya akan memberikan hasil pencarian yang terlalu banyak, tidak fokus, malah hasilnya samar-samar alias tidak nyambung.

Untuk itulah, maka saya akan membeberkan sedikit trik agar membuat mesin pencarinya semakin pintar serta lebih cepat mencari data yang kita inginkan...

1. Batasi pencarian
Search engine pada umumnya akan melakukan pencarian sesuai keywords atau kata kunci yang kamu ketikkan, untuk membatasinya, maka sebaiknya hindari mengetikkan kata kunci yang hanya terdiri dari satu kata saja, karena hal itu akan membuat mesin pencarinya memunculkan banyak link yang kurang tepat. Contohnya jika mau mencari informasi tentang desktop PC, jangan hanya mengetikkan desktop, tapi ketikkan desktop PC.

2. Menyisipkan tanda (+)
Untuk menyisipkan kata kunci yang masih berkaitan, cukup tambahkan tanda "+" di setiap awal kata, misalnya +desktop +PC. Hal ini akan membuat mesin pencari akan mencari semua link situs yang mengandung kata desktop dan PC.

3. Menyisipkan tanda (" ")
Tanda petik (" ") pada dua kata kunci misalnya "desktop PC" akan membuat mesin pencari akan mencari artikel di situs yang mengandung kedua kata tersebut secara berdampingan.

4. Menyisipkan tanda (-)
Tanda minus (-) yang disisipkan pada dua kata kunci seperti desktop -PC, akan membuat mesin pencarinya hanya akan mencari link situs yang berkaitan dengan kata desktop.

5. Singkat dan Padat.
Gunakan kata kunci yang tepat untuk mencari data yang kamu inginkan, jangan terlalu panjang, cukup dengan mengetikkan kata kuncinya saja.

6. Pemakaian Logika OR
Pergunakan logika OR apabila kamu ingin agar mesin pencari hanya menggunakan satu kata kunci saja sebagai patokannya. Misalnya, kalo kamu mengetikkan kata kunci komputer OR laptop, maka mesin pencarinya hanya akan menampilkan link situs yang berkaitan dengan komputer saja atau laptop. (Perlu diingat!! penulisan kata logika seperti OR, AND dan NOT harus dengan huruf besar. Sebab jika menggunakan huruf kecil, maka mesin pencarinya akan menganggapnya sebagai satu kesatuan dengan kata kunci yang diketik).

7. Pemakaian Logika AND
Logika AND dapat digunakan untuk menampilkan seluruh link situs yang berhubungan dengan kata kunci yang diketik. Misalnya dengan mengetikkan kata komputer AND laptop, maka mesin pencari akan menampilkan seluruh link situs yang berkaitan dengan komputer dan laptop.

8. Pemakaian Logika NOT
Dengan menyisipkan kata NOT, seperti komputer NOT laptop, maka hanya link situs yang berkaitan dengan kata komputer saja yang ditampilkan.

9. Pergunakan Kategori
Banyak situs yang mempermudah pencariannya berdasarkan kategori tertentu seperti image atau video. jadi gunakan kategori yang ada di mesin pencari untuk mendapatkan data yang kamu inginkan.

Selamat mencoba ya.. Let's nge-googling.....



lazadda

Be the first to reply! Read Comment Policy ▼
PLEASE NOTE:
We have Zero Tolerance to Spam. Chessy Comments and Comments with Links will be deleted immediately upon our review.

Tukeran link


Vinspirations



DMCA.com
 

Info Blog

Recent Comments

Label

Copyright 2009  ©  Vinspirations | powered by Blogger

Template by vinspirations | Best View on Firefox