SEJARAH IKLAN DI DUNIA

vinspirationsBy : Alvin S. Ritongavinspirations

Widgets

PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork


Penggunaan wahana simbol-simbol visual sebagai wahana periklanan telah digunakan di Babylonia sejak 3000 tahun yang lalu. Iklan-iklan tersebut ditempelkan di produk-produk yang diperdagangka. Di Romawi, orang-orang memasang iklan dalam bentuk tulisan untuk mencari budak-budak yang melarikan diri, sering juga digunakan untk mengumumkan pertandingan gladiator?? Iklan juga digunakan sebagai media propaganda politik dalam pemilihan umum seperti yang digunakan di kota Pompey.
Bentuk lain periklanan adalah penggunaan logo maupun tanda yang dilekatkan pada produk buatan pengrajin yang digunakan sebagai penanda keunggulan dan ciri khas produk mereka.
Revolusi penting dalam dunia periklanan terjadi ketika Guttenberg menemukan mesin cetak. Mesin buatan Guttenberg ini memungkinkan iklan-iklan disampaikan lewat lembaran-lembaran cetakan. Perkembangan iklan semakin dipacu ketika pada abad ke-17, Nicholas Bourne dan Thomas Archer menerbitkan surat kabar pertama di Inggris yaitu “The Weekly News”. Perkembangan ini kian pesat ketika mulai banyak surat kabar terbit di Inggris seperti surat kabar Tatler dan surat kabar Spectator. Produk yang diiklankan pun makin beragam, mulai dari minuman, buku-buku, mainan, obat-obatan, iklan pernikahan, iklan kematian, dan sebagainya.
Walaupun perkembangan awalnya di Inggris, sesungguhnya perkembangan paling pesat justru terjadi di Amerika Serikat. Benjamin Franklin yang dijuluki sebagai bapak periklanan Amerika tahun 1729 menerbitkan surat kabar periklanan yang diberikan nama Pennsylvania Gazette. Pada masa itu, surat kabar ini menjadi surat kabar dengan oplah paling besar dan volume pendapatan iklan terbesar di seluruh Amerka yang ketika itu masih menjadi jajahan Inggris.
Benjamin Franklin memanfaatkan gambar-gambar ilustrasi untuk memperjelas informasi dan kekuatan daya tarik dalam iklan-iklan rancangannya. Franklin sendiri, selain dikenal sebagai perintis periklanan juga merupakan penulis iklan yang piawai, salesman, penerbit, manager perusahaan periklanan, penerbit serta editor surat kabar.
Perusahaan jasa periklanan pertama yang dikelola secara professional mulai ada sejak 1841 ketika Volene Palmer mendirikan semacam agen perancangan iklan di Philadelphia.
Perkembangan pesat di Amerika dimungkinkan oleh beberapa faktor. Pertama, industri yang tumbuh di Amerika pada saat itu mengarah pada mekanisme produksi yang menggunakan teknologi modern. Hal ini menyebabkan terjadinya surplus dalam pasokan barang-barang komoditi yang memerlukan wahana untuk mengkomunikasikannya kepada konsumen.
Kedua, adanya percepatan infrastruktur seperti jaringan kereta api, lalu lintas jalan raya, dan sebagainya semakin mempermudah dan mempercepat distribusi komoditi maupun media periklanan seperti surat kabar sampai jauh ke wilayah pedalaman.
Ketiga, adanya program wajib belajar di sekolah-sekolah modern di tahun 1813 semakin menambah jumlah masyarakat terpelajar sehingga mempertinggi konsumsi media informasi seperti surat kabar, majalah maupun buku-buku ilmu pengetahuan.



lazadda

Be the first to reply! Read Comment Policy ▼
PLEASE NOTE:
We have Zero Tolerance to Spam. Chessy Comments and Comments with Links will be deleted immediately upon our review.

Tukeran link


Vinspirations



DMCA.com
 

Info Blog

Recent Comments

Label

Copyright 2009  ©  Vinspirations | powered by Blogger

Template by vinspirations | Best View on Firefox