Definisi Promosi

vinspirationsBy : Alvin S. Ritongavinspirations

Widgets

PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

Promosi adalah suatu komunikasi dari penjual dan pembeli yang berasal dari informasi yang tepat yang bertujuan untuk merubah sikap dan tingkah laku pembeli, yang tadinya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga menjadi pembeli dan tetap mengingat produk tersebut. Berdasarkan pengertian ini maka promosi merupakan aktivitas komunikasi yang berasal dari informasi yang tepat (Laksana, 2008:133).
Perangkat promosi yang kita kenal mencakup :
1. Periklanan (Advertisement)
Periklanan adalah segala bentuk penyajian non-personal dan promosi ide, barang, atau jasa oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran (Kotler, 2001:578). Pada dasarnya pengiklanan adalah komunikasi yang efektif dalam merubah sikap dan perilaku konsumen. Beberapa tujuan periklanan adalah :
1. Iklan yang bersifat memberikan informasi (informative advertising)
2. Iklan membujuk (persuasive advertising)
3. Iklan pengingat (reminder advertising)
2. Penjualan Perseorangan (Personal selling)
Sifat penjualan perseorangan lebih luwes karena tenaga penjualan dapat secara langsung menyesuaikan penawaran penjualan dengan kebutuhan dan perilaku masing-masing pembeli. Selain itu, tenaga penjualan juga dapat segera mengetahui reaksi calon pembeli terhadap penawaran penjualan, sehingga dapat mengadakan penyesuaian-penyesuaian di tempat pada saat itu juga.
3. Promosi Penjualan (Sales Promotion)
Promosi penjualan adalah kegiatan penjualan yang bersifat jangka pendek dan tidak dilakukan secara berulang serta tidak rutin, yang ditujukan untuk mempercepat respon pasar yang ditargetkan sebagai alat promosi lainnya dengan menggunakan bentuk yang berbeda (Laksana, 2008:149).
4. Hubungan Masyarakat (Public Relation)
Hubungan masyarakat sangat peduli terhadap beberapa tugas pemasaran, antara lain :
a. Membangun citra
b. Mendukung aktivitas komunikasi lainnya
c. Mengatasi permasalahan dan isu yang ada
d. Memperkuat positioning perusahaan
e. Mempengaruhi publik yang spesifik
f. Mengadakan peluncuran produk/ jasa baru
5. Informasi dari mulut ke mulut (Word of Mouth)
Dalam hal ini peranan orang sangat penting dalam mempromosikan jasa. Pelanggan sangat dekat dengan penyampaian jasa. Dengan kata lain, pelanggan tersebut akan berbicara dengan pelanggan lain yang berpotensial tentang pengalaman dalam menerima jasa tersebut, sehingga informasi dari mulut ke mulut ini sangat besar pengaruhnya dan dampaknya terhadap pemasaran jasa dibandingkan dengan aktivitas komunikasi lainnya.
6. Pemasaran Langsung (Direct Marketing)
Pemasaran langsung merupakan unsur terakhir dalam bauran komunikasi dan promosi. Terdapat enam area dari pemasaran langsung, yaitu :
a. Direct mail
b. Mail order
c. Direct response
d. Direct selling
e. Telemarketing
f. Digital marketing
Marketer dapat memilih sarana yang dianggap sesuai untuk mempromosikan jasa mereka. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam promosi yaitu (Lupiyoadi, 2006:62-63) ;
1. Identifikasi terlebih dahulu target audiens-nya, hal ini berhubungan dengan segmentasi pasar
2. Tentukan tujuan promosi, apakah untuk menginformasikan, mempengaruhi atau untuk mengingatkan.
3. Pengembangan pesan yang disampaikan, hal ini berhubungan dengan isi pesan (what to say), struktur pesan (how to say it logically), gaya pesan (creating a strong presence), dan sumber pesan (who should develop it).
4. Pemilihan bauran komunikasi, apakah itu personal communication atau non-personal communication.

DP :
  • Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran: Pendekatan Praktis. Graha Ilmu, Yogyakarta
  • Lupiyoadi, Rambat, dan Hamdani,A. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Salemba Empat, Jakarta
  • Kotler, Philip, Armstrong, Garry. 2001. Ptrinsip-Prinsip Pemasaran. Penerbit Erlangga, Jakarta


lazadda

1 comment: Post Yours!Read Comment Policy ▼
PLEASE NOTE:
We have Zero Tolerance to Spam. Chessy Comments and Comments with Links will be deleted immediately upon our review.

  1. Layarkubiru.xyz merupakan situs nonton bokep online. Layarkubiru memiliki film bokep terlengkap dan terupdate. Dalam situs layarkubiru juga tidak hanya menyediakan film bernuansa sex,namun pengunjung juga bisa menonton film yang bertema semi dan action. Website layarkubiru sangat ringan,bahkan bagi anda yang mengakses web layarkubiru dari web mobile juga sangat ringan dan tidak menghabiskan kuota internet anda. Film yang berada ada situs layarkubiru berada pada tempat lain sehingga tidak memberatkan loading situs layarkubiru. Silahkan kunjungi situs www.layarkubiru.xyz jika ingin menonton film yang selalu update. Salam Crott.....

    ReplyDelete

Tukeran link


Vinspirations



DMCA.com
 

Info Blog

Recent Comments

Label

Copyright 2009  ©  Vinspirations | powered by Blogger

Template by vinspirations | Best View on Firefox